Fahri Hamzah Menyoroti Kontoversi Angka Pembiayaan Parpol

FH

 

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyoroti sikap Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang langsung buka-bukaan soal wacana angka pembiayaan partai politik sebesar Rp1 triliun per tahun.

"Wacana itu bagus, tapi jangan masih pagi, sudah nebar angka," tukas Fahri di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (9/3/2015).

Pasalnya, kata dia, harus ada diskursus soal pembiayaan politik di Indonesia. Implementasi peraturan yang dibuat pemerintah harus bisa memberantas korupsi.

"Pagi-pagi harusnya bicara konsep dulu deh, yang matang, ajak aktivis pemberantasan korupsi. Lalu dicek, ada enggak negara yang bersih soal ini, regulasi keuangan politik itu syaratnya untuk pemberantasan korupsi," tukasnya.

Hal penting yang harus dipikirkan, lanjutnya, adalah soal konsep pembiayaan kampanye. Jika terus menggunakan uang pribadi, maka di situlah peluang korupsi terjadi saat sudah menjabat sebagai pejabat negara.

"Harus diatur, enggak ada logikanya bupati korbanin Rp100 miliar untuk biaya kampanye, nanti dapat gaji cuma Rp6 juta per bulan, enggak masuk akal itu," ungkap Fahri.

sumber : okezone.com

 

author
No Response

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.