‘Tak Beralasan Jika Kita Bertengkar dengan Tetangga’

Tengku Iwan_stimulan RT dan RW 2015-03-21 16.58.11

PKS Kota Tangerang. Anggota Legislatif (aleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tengku Iwan, mengatakan tak beralasan jika kita bertengkar dengan tetangga. Pesan tersebut Tengku sampikan di depan para ketua RT dan RW saat penyerahan dana stimulan bersama Lurah Koang Jaya dan Sekretaris Kecamatan Karawaci di saung H Nurdin,  jum’at (20/3).

“Manusia adalah mahluk sosial, tidak mungkin bahkan mustahil hidup tanpa orang lain. Siapa pun kita adalah manusia dan pasti butuh orang lain, dan orang yang terdekat dengan kita adalah tetangga” ujar Tengku Iwan.

Lebih lanjut Tengku menyampaikan bahwa tetangga punya peran penting dalam keberlangsungan hidup. Sejak awal lahir sampai pasca kematian, tetangga punya peran. Jika terjadi musibah maka maka tetanggalah yang membantu pertama kali.

“jadi tak beralasan jika kita bertengkar dengan tetangga” tegas Tengku.

Dalam administrasi pemerintahan maka dibentuklah Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). RT dan RW merupakan lembaga kemasyarakatan terkecil dalam negara.

Tugas seorang Ketua RT adalah membantu menjalankan tugas dan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab pemerintah kota, memelihara kerukunan warga dan menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.

Dalam menjalankan tugasnya, ketua RT memiliki fungsi pengkoordinasian antar warga, menjembatani antar sesama anggota masyarakat dengan pemerintah daerah dan penanganan masalah-masalah kemasyarakatan yang dihadapi warga.

“Ketua RT dan RW punya peran penting dalam membentuk lingkungan yang penuh kerukunan dan kenyamanan”, pungkas Tengku. (HidayatAman)

author
No Response

Leave a Reply