Zulkieflimansyah, Anak Kandung Putera Sumbawa Pendiri UTS

Zulkiflimasnyah

KONFRONTASI- Siapa nyana, siapa sangka, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) bakal berdiri? Pendiri sekaligus  Rektor UTS Dr. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc adalah alumnus FE-UI, dialah salah satu contoh  teladan terbaik  anak Indonesia yang tumbuh dari kampung, nun jauh di Sumbawa, Nusa Tenggara, yang bangkit untuk Indonesia.(lihat: http://uts-sumbawa.ac.id). Tak hanya itu, rektor ini juga berhasil membawa mahasiswa UTS ke MIT, Boston, Massachusetts, USA.

Biasa disapa dengan sebutan Bang Zul, lahir di Sumbawa Besar, 18 Mei 1972. Gelar Sarjana Ekonomi di perolehnya tahun 1995 dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) tempat dimana ia mengajar di program S1, S2 dan S3 sampai sekarang. Postgraduate programme-nya ditamatkan di Strathlyde Business School, University of Strathclyde di United Kingdom (UK).

Pada tahun 1997 memperoleh gelar MSc in International marketing dari Department of Marketing. Tahun 1998 mengikuti program Master kembali dalam bidang Industrialization, Trade and Economic Policy di Department of Economics dan selanjutnya menyelesaikan program Doktoralnya di Departemen yang sama pada tahun 2001.

Sederet prestasi telah diukirnya sejak kanak-kanak. Berbagai perlombaan dan prestasi di menangkannya di Sumbawa Besar, tempat dimana ia dibesarkan. Puncaknya ia terpilih mewakili propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada kompetisi pertukaran pelajar antara Indonesia-Australia selama hampir setahun pada tahun 1989. Bang Zul bersekolah di Darwin High School di Darwin dan di Sadadeen Secondary College di Alice Springs. Pengalaman tinggal bersama keluarga Australia yang melakoni bisnis Outback Freight Business Service memungkinkan dirinya mengenal Australia sangat dalam sampai ke pedalaman dan berinteraksi dengan suku asli aborigin yang mengesankan.

Ketika kuliah di UI berbagai aktivitas dan prestasi juga di torehkan. Mahasiswa berprestasi UI di bidang penalaran diperolehnya di tahun 1994 serta menjadi Pemenang pertama lomba menulis Mahasiswa bidang ekonomi tingkat Nasional. Bang Zul juga menjadi pemenang di lomba menulis mahasiswa dalam Bahasa Inggris yang di selenggarakan oleh Japan Airlines (JAL) baik di tingkat Universitas Indonesia maupun di Tingkat Nasional. JAL kemudian mensponsorinya untuk belajar di Sophia University Tokyo, Japan tentang Comparative Asian Industrial System. Bang Zul tak hanya bergulat dengan buku di kampus. Tapi juga berinteraksi dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan sebagai aktivis kampus. Periode 1994-1995 Bang Zul dipercaya oleh Mahasiswa UI sebagai Ketua Senat Mahasiswa tingkat Universitas yang kini menjelma menjadi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UI). Belajar adalah kebutuhan untuk senantiasa meningkatkan kapasitas. Demikian salah satu prinsip hidupnya.

Selain degree programme yang ditempuhnya di Glasgow, Bang Zul juga menempuh pendidikan lanjutannya di Kennedy School of Government, Harvard University (US), Institute for New Technology, Maastricht (The Netherlands), Science and Policy Research Unit di University of Manchester (UK) serta di University of Dundee (Scotland). Saat ini, Bang Zul sebagai Senior Research Fellow, Kennedy School of Government, Harvard University, USA.

Setelah diamanahkan menjadi anggot DPR RI Periode 2004-2009 lalu, kini pria murah senyum ini kembali dipercaya berkiprah di DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mewakili daerah pemilihan Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon ( Banten 2 ). Selain menjabat sebagai sekretaris Fraksi PKS MPR, sejak 2009 Bang Zul diamanahi untuk berkecimpung di Komisi VII yang berkutat dengan persoalan sumber daya energi dan mineral, riset dan teknologi dan lingkungan hidup. Setelah kurang lebih dua tahun di Komisi VII, terhitung sejak Bulan November 2011 Bang Zul diamanatkan fraksi PKS untuk pindah ke komisi XI sebagai Wakil Ketua.

Keterlibatannya di dunia politik tak berarti menyurutkan berprestasinya sebagai akademisi di kampus. Memenangkan berbagai Grant Penelitian di tingkat Nasional, menulis di jurnal ilmiah di dalam dan luar negeri serta merepresentasikan Indonesia di penelitian-penelitian Internasional, menulis opini di koran nasional adalah hal biasa yang dilakukannya. Tak mengherankan jika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menobatkannya sebagai Peneliti Muda Terbaik Indonesia dalam bidang Ekonomi dan Management tahun 2003. Alamat kampus UTS:

Komplek Gedung Rektorat Lantai 2
Kampus Universitas Teknologi Sumbawa
Jl. Raya Olat Maras, Batu Alang,
Moyo Hulu, Kab. Sumbawa Besar
Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
Email: [email protected]
Contact: +62819 1698 3334, +62852 8183 3863

BERTOLAK KE MIT, USA

Mahasiwa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) membawa ufuk baru, cahaya baru bagi masyarakat Sumbawa dan rakyat indonesia. Mereka memiliki semangat, passion untuk maju. UTS, didirikan dan dipimpin Rektor UTS Dr. Zulkieflimansyah M.Sc (anak kandung Sumbawa yang juga anggota DPR-RI), mereka bangkit dari ketertinggalan di Sumbawa, bangkit menuju Indonesia baru, hari depan baru.

Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Nusa Tenggara Barat (NTB)  menunjukkan kemampuannya  di ajang kompetisi bioteknologi dunia di Massachusetts Institute of Technology (MIT),  Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Dalam kontes itu, mahasiswa UTS membuat robot bakteri antara Oktober-November 2014 ini.

Rektor UTS, Zulkieflimansyah PhD mengatakan, UTS menjadi salah satu wakil dari Indonesia pada kompetisi yang akan diselenggarakan pada Oktober-November 2014 itu. "Mahasiswa UTS membuat robot bakteri dalam lomba ini," katanya..

Dengan bangga Zulkieflimansyah mengatakan bahwa mahasiswa UTS telah berhasil membuat robot bakteri pertama di dunia. Hal itu sebagai bukti bahwa teknologi tidak saja dikuasai mahasiswa dari universitas ternama, tapi juga bisa mahasiswa dari perguruan tinggi di daerah.

"Ternyata soal teknologi tidak hanya milik universitas terkenal saja seperti ITB, UI, Gadjah Mada. Mahasiswa di daerah juga punya kemampuan bidang teknologi," jelasnya.

Ditambahkannya, mahasiswa UTS  telah diundang oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta kontes di MIT digelar. Kesempatan itu  akan diberikan kepada mahasiswa UTS melakukan presentasi tentang bioteknologi. (K)

Sumber: Konfrontasi.com

author
No Response

Leave a Reply