Hilmi Fuad Menyesalkan Kota Tangerang Urung Dapat 1,2 Triliun dari DKI

hilmi fuad - wakil walikota tangerang

PKS Kota Tangerang - Kamis (26/03) kemarin Ahok menerima Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany Wardhana. Ahok memastikan Kota Tangsel akan menerima bantuan dana hibah sebesar Rp 74,8 miliar, dengan rincian Rp 64,8 miliar untuk pembangunan Terminal Pondok Cabe dan sisanya untuk penanggulangan banjir serta pembuatan tanggul.

Dana hibah itu memang sudah dialokasikan Pemprov dalam RAPBD 2015. Namun karena menggunakan Pergub, maka harus disesuaikan kembali dengan pagu anggaran APBD 2014.

Lanjut Ahok, Kota Tangerang seharusnya mendapat dana hibah paling besar dibanding daerah penyangga lainnya yakni Rp 1,2 triliun. Hal itu diurungkannya lantaran sang Wali Kota belum siap menyerahkan DED (Detailed Engineering Disaign) untuk jalan layang bagi jalur TransJ.

Menyikapi hal ini, Hilmi Fuad S.Kom dari Fraksi PKS yang dihubungi via telepon hari ini (27/03) mengungkapkan kekecewaan nya. 

"Harusnya pihak eksekutif punya perencanaan pembangunan 5 tahun yang tertuang dalam RPJMD dan RPJPD yang sudah disiapkan petanya dalam rencana tata ruang kota Tangerang untuk pembangunan ke depan"

Hilmi Fuad menambahkan, perencanaan pembangunan termasuk di dalamnya adalah untuk mengatasi beberapa hal seperti banjir, kemacetan lalu lintas, mengatasi pengangguran yang kesemuanya disiapkan dalam bentuk DED (Detailed Engeneering Design) itu.

"Harusnya sudah di petakan mana saja pembangunan yang bersumber dari APBD, mana saja rencana pembangunan yang bersumber dari dana hibah provinsi-provinsi terkait. Jadi begitu ada dana dari sumber-sumber diluar APBD, KotaTangerang siap menerimanya" imbuhnya.

Dari hal itu bisa dikatakan bahwa Pemkot Tangerang belum mempunyai site plan yang jelas tentang rencana pembangunan kota tangerang.

"Kalau di APBD murni belum ada DED berarti gak bisa dikerjakan tahun ini, bisa jadi di APBD perubahan, atau malah tahun depan baru bisa di cairkan, tergantung follow up dari pihak pemkot" lanjut Anggota Dewan dari PKS yang tinggal di Cipondoh ini, dia juga menyarankan pihak pemkot untuk berbenah diri terkait DED ini.

Selain Kota Tangerang dan Tangsel kota lainnya yang juga mendapat dana hibah antara lain Kota Bekasi Bogor dan Depok. Ahok menyebut hanya ada satu kota di daerah penyanggah yang tidak mengajukan dana hibah, yakni Kota Depok, Jawa Barat.

"Cuma Depok yang nggak dapat karena nggak ngajuin. Saya sudah bilang sama Gubernur Jabar, kenapa Depok nggak mau ngajuin proposal yang berhubungan dengan kami," kata Ahok.

"Nggak tahu, Saya juga bilang waktu saya undang makan di Restoran Khayangan (pertemuan dengan 9 kepala daerah mitra), Depok nggak datang. Semua sudah (ngajuin) kecuali Depok. Tahun 2016 kita harap lebih baik," pungkasnya. (Abu Ghozy)





 

 

author
No Response

Leave a Reply