Aher Pertimbangkan Relokasi Korban Longsor

 

www.pks.or.id-Aher-Pusat Interaksi Dunia Islam

DEPOK - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menuturkan kawasan Kampung Cimerak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat merupakan perkampungan besar. Bahkan perkampungan tersebut sudah ada sejak tahun 1930.

"Itu perkampungan besar bukan perkampungan baru, perkampungan sudah puluhan tahun semenjak tahun 1930 sudah ada perkampungan disitu," ungkapnya saat menghadiri Rembug Naasional Dikbud di Bojongsari, Depok.

Hanya saja, kata dia, perlu diperhatikan kondisi topografi di Jawa Barat yang berbukit-bukit. Sehingga, lanjut Aher, sangat mungkin jika longsor tidak terdeteksi di kawasan itu.

"Apalagi musim hujan, air besar, longsor. Di kawasan selatan itu sulit sekali mencari kawasan yang datar. Sebetulnya kawasan ini sebelum terjadi longsor enggak ada persoalan apa-apa. Hanya saja Jabar kan tiap tahun itu ada retakan-retakan," paparnya.

Karena itu, Aher menjelaskan pihaknya selalu mendapatkan informasi dari badan geologi nasional memberitahukan retakan mana saja di Jawa Barat. Ia menjelaskan kemungkinan relokasi penduduk ke kawasan hunian lebih tinggi.

"Kalau enggak aman dan bahaya kami pertimbangkan relokasi. Nanti teman-teman geologi tentukan itu. Kita lakukan penelitian, apakah kawasan itu layak untuk hunian. Kalau tak layak maka akan kita cari kawasan relokasi," tegasnya.

 

okezone.com

 

author
No Response

Leave a Reply