Hilmi Fuad Mendesak Pemkot Segera Bentuk Forum CSR

pks-kotatangerang.org - Hilmi Fuad, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Tangerang yang juga Aleg dari Fraksi PKS mengingatkan pada Pemkot Tangerang agar segera membentuk Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) atau populer disebut CSR. Hal ini mendesak mengingat potensi CSR yang seharusnya bisa dimaksimalkan untuk warga Tangerang mengingat banyaknya perusahaan yang berdomisili di wilayah administrasi Kota Tangerang.

Selain itu dikutip dari epaper.tangerangkota.go.id, Hilmi Fuad juga mengatakan bahwa banyak warga yang menanyakan kepada DPRD Kota Tangerang tentang forum yang melakukan pengelolaan dana TJSL ini. Kebanyakan pertanyaan warga mengarah pada kapan akan dibentuk forum ini mengingat potensinya yang bisa dirasakan langsung oleh mereka

Seperti diketahui bersama, Kota Tangerang mempunyai julukan Kota Seribu Industri Sejuta Jasa karena memiliki ribuan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Karena nya Forum TJSL ini potensi luar biasa jika bisa di sinergi-kan dengan pembangunan yang sedang berjalan di Kota Tangerang. 

Tapi sayangnya menurut Hilmi Fuad ketika di hubungi via telepon menyatakan "Sampai saat ini pengelolaan TJSL tidak berdasar perencanaan pembangunan di wilayah masing-masing. Perusahaan melakukan penyaluran masing-masing, fungsi controlling dan monitoring dari pihak Pemkot tidak ada" 

Hilmi menambahkan bahwa seharusnya TJSL ini bisa di sinergi kan dengan RPJMD dan RPJPD sehingga sehingga bisa membantu optimalisasi program pembangunan pemerintah. Selain itu menurutnya pemerintah harus membentuk forum CSR ini melalui SK yang mewadahi semua perusahaan yang wajib mengeluarkan dana TJSL sesuai pasal 74cUU no 40/2012 dan pasal 3 angka 1 PP no 47/2012.

Di akhir percakapan Aleg yang tinggal di Cipondoh ini menyebut forum ini harus melibatkan pihak eksekutif (BAPPEDA, DINSOS, dan BLHD), perwakilan perusahaan serta NGO atau LSM yang dikelola masyarakat.(Abu Ghozy)

author
No Response

Leave a Reply