Aher Harap Lulusan Diklatpim Jadi Agen Perubahan

Aher harap lulusan diklatpim jadi agen perubahan

BANDUNG (30/7) – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menutup Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II Angkatan VII Tahun 2015, pada Kamis (30/7). 

Dalam acara yang digelar di Badan Diklat Provinsi Jawa Barat, Jl. Windu Kota Bandung ini, Gubernur pun berharap agar para lulusan Diklatpim tersebut menjadi agen perubahan dalam masyarakat dan memerangi korupsi dalam kepemimpinannya.

"Kita ingin Peserta Diklatpim ini dapat memerangi korupsi dan menjadi agen perubahan," ungkap Gubernur dalam pengarahannya dihadapan 60 peserta Diklatpim.

Gubernur pun mengungkapkan bahwa kepemimpinan bisa dimiliki oleh setiap insan manusia, karena pada dasarnya manusia adalah seorang pemimpin. Namun, menurut Gubernur yang juga akrab disapa Aher ini, seorang pemimpin juga harus memiliki skill atau keterampilan, bertanggung jawab dalam tugasnya, serta kepantasan untuk memimpin.

Selain itu, pada kesempatan ini Gubernur pun menjelaskan kepada para peserta mengenai ciri-ciri birokrasi yang baik atau ideal. Menurutnya ciri-ciri birokrasi yang ideal memiliki 5 hal, yaitu:
1. Responsif terhadap kebutuhan dan keadaan,
2. Melayani semua lini, kawasan, dan bidang kehidupan sosial dalam masyarakat,
3. Memberdayakan masyarakat secara terus menerus untuk meningkatkan kesejahteraan,
4. Antisipatif terhadap masalah yang dihadapi, serta
5. Membuat birokrasi yang amanah.

Diklatpim Tingkat II Angkatan VII ini berlangsung selama 116 hari (April – Juli 2015) dengan peserta merupakan PNS Eselon II dan calon Eselon II dari berbagai kementerian, pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta para pejabat pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota dari berbagai daerah di Indonesia. 

Diklatpim yang digelar oleh Badan Diklat Provinsi Jawa Barat kali ini merupakan Diklatpim pertama di Indonesia yang semua pesertanya lulus. 

Sumber: Humas Pemprov Jawa Barat

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *