“PKS Ikut Bantu Atasi Dilema Petani Tomat”

  

pks-kotatangerang.org - Harga jual tomat saat ini sedang jatuh, hanya sekitar Rp200 per kilogram. Sedangkan ongkos angkut dari kebun ke tengkulak atau bandar yang harus ditanggung petani adalah sekitar Rp500 per kilogram. Sementara untuk menanam tomat, bisa menghabiskan Rp3.000 per pohon. Hal ini jelas mengakibatkan banyak petani tomat rugi. 

Akibatnya banyak petani tomat yang memilih tidak memanen tomatnya daripada merugi karena harus menambah ongkos angkut dan beli peti. Mau tidak mau para petani tomat harus memutar otak untuk mencari solusi.

Berangkat dari keprihatinan inilah kemudian muncul ide untuk membantu para petani tomat supaya para petani tomat kembali bisa berseri, serta harga tomat pun bisa lebih bagus dan bernilai ekonomis tinggi. 

Ini merupakan ladang kebaikan bagai para relawan PKS. Para kader dan relawan PKS bahu membahu menyelamatkan tomat yang sedianya tidak akan dipanen dan akan dibiarkan membusuk di pohonnya. 

Pada kesempatan tersebut, tercetuslah sebuah ide tentang gerakan membantu menyelematakan petani tomat dengan nama Gerakan #1Person1Kilo.

Gerakan ini terus mendapat dukungan, baik dari anggota dewan, tokoh maupun para netizen di dunia maya. Orderan pun terus mengalir ke para relawan PKS yang membuka penjualan tomat via media sosial, tercatat sudah 1,7 ton tomat yang sudah diorder oleh masyarakat via online. Relawan – relawan PKS ini bekerja secara sukarela tanpa dibayar, mereka berniat ikhlas untuk semata – mata membantu para petani tomat.

Pada hari minggu pagi (30/8), para relawan PKS ini akan menjual tomat di acara Car Free Day (CFD) Jakarta. Tomat akan dijual oleh para relawan PKS dengan harga Rp 5.000 per kg. Para relawan PKS ini berharap masyarakat dan juga para kader PKS ikut berpartisipasi mensukseskan acara ini. Sekali lagi gerakan membeli tomat sebanyak satu kilogram janganlah dianggap hal sepele. 

Karena untuk bisa menyelamatkan petani tomat, kita harus mulai dari yang kecil, mulai dari diri sendiri dan mulailah saat ini. (Bayu P/Abu Ghozy)

author
No Response

Leave a Reply