Di CFD, PKS Jualan Tomat

No comment 854 views

di-cfd-pks-jualan-tomat-jgpYFvOKjc-700x352

Sejumlah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jakarta menggelar aksi keprihatinan bertajuk #SavePetaniTomat di acara Car Free Day (CFD), Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (30/8/2015).

Koordinator Aksi Iksan Fadillah menjelaskan, aksi ini bertujuan membantupetani tomat di daerah-daerah yang kondisinya memprihatinkan karena anjloknya harga tomat di pasaran.

“Saat ini petani tomat sedang mengalami kerugian karena harga jual yang anjlok hingga Rp300 per kilogram, padahal biasanya harganya di atas Rp2.500 per kilogramnya,” ujarnya di lokasi.

Untuk membantu menjaga kestabilan harga, pihaknya turut menjual tomat dengan harga Rp5.000 per kilogram. Tomat itu langsung dibeli dari petani seharga Rp2.500 per kilogramnya.

“Kita kemarin ambil enam ton, kerja sama dengan petani tomat dari daerah, kita petik beli diharga Rp2.500 per kilogram, padahal saat ini harganya di pasaran Rp1.000-1.500 per kilogramnya,” jelas Iksan.

Iksan juga menyesalkan sikap pemerintah yang belum punya mekanisme pas untuk mengontrol harga sembako. Pihaknya juga menanti kerja pemerintah guna memperbaiki pola tanam petani tomat, agar pasokan dan harganya bisa stabil sepanjang tahun.

“Minimal tiga komponen petani, pedagang, dan konsumen sangat berharap pemerintah bersinergi memperbaiki pola tanam, demi petani untuk menikmati hasil yang pantas,” pungkas Iksan. (day)

Sumber : http://news.okezone.com/read/2015/08/30/338/1204931/di-cfd-pks-jualan-tomat

Tags:
author
No Response

Leave a Reply