6 Catatan PKS di HUT Provinsi Banten ke 15

hut banten oke 2015-10-03 17.05.05

PKS Kota Tangerang (3/10), Aleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (DPRD) Provinsi Banten Tuti Elfita, memberikan enam catatan kepada pemerintah Provinsi Banten di hari jadi yang ke 15, yang diperingati setiap tanggal 4 oktober.

Pertama, Tuti berharap pemprov mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banten.

Berdasar Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Provinsi Banten masih jauh tertinggal dibandingkan propinsi lain. Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten pada tahun 2013, Banten baru mencapai 71,87 persen dari yang ditargetkan 73.47 persen. Angka IPM Banten tersebut masih jauh di bawah angka rata-rata nasional yakni sebesar 73,29, bahkan IPM Banten berada di urutan 23 dari 33 provinsi se-Indonesia.

Poin kedua yang Tuti kritisi adalah pembangunan infrastruktur khususnya jalan yang berkualitas. Rendahnya kualitas jalan di Banten berdampak pada terganggunya jalur distribusi barang dan jasa serta tingkat perekonomian masyarakat Banten.

Ketiga, Pemerintahan daerah yang bebas dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Keempat, Pemerintah daerah harus mampu melakukan berbagai terobosan untuk mengurangi angka pengangguran sebagai dampak perekonomian nasional yang terus melambat.

“Saat ini Banten menduduki tingkat pengangguran ke 2 tertinggi nasional” Ujar Tuti.

Kelima, Pemprov Banten harus segera melakukan pembenahan agar tidak lagi mendapatkan opini disclaimer pada Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK). Tahun 2014, Banten adalah satu-satunya provinsi dengan predikat disclaimer.

Terakhir, Tuti meminta pemerintah daerah harus menjalin hubungan yang harmonis dengan pemerintah kota dan kabupaten di provinsi Banten.(HA)

author
No Response

Leave a Reply