Banjir Mulai Melanda, Tim Kepanduan Siap Siaga

banjir totalpks-kotatangerang.org - Frekuensi hujan yang mulai meningkat membuat semua pihak mulai bersiap dan melakukan persiapan siaga banjir. Terakhir, hujan yang turun pada hari jumat (25/02) dan sabtu malam hingga ahad (28/02) pagi ini terpantau beberapa titik banjir mulai terdata.

Melihat perkembangan di lapangan dengan intensitas hujan yang terus meningkat, tim Kepanduan DPD PKS Kota Tangerang melakukan dan meningkatkan koordinasi. Beberapa anggota kepanduan yang dekat dengan titik banjir melaporkan kondisi terakhir dan lapangan untuk terus mendapatkan berita kondisi terkini dan melakukan persiapan.

Dari Ciledug Bayu, anggota kepanduan yang juga ketua Dpra Karang Tengah melaporkan bahwa komplek Perumahan Ciledug Indah sudah tergenang banjir. Bayu juga menyampaikan informasi dari kader lain nya yang menyebut pompa air di Ciledug Indah 1 sudah mulai difungsikan. Air tergenang di sekitar lapangan futsal dan rumah dekat tanggul, dan ketinggian air meningkat diperkirakan hingga 150 sampai 180 cm, posisi air sama persis hari jumat (25/2) lalu.

Hal serupa dilaporkan Heru. Heru menyebut wilayah inpres Larangan sudah mulai tergenang banjir tanpa merinci kondisi dan wilayah yang terendam. Zul, anggota kepanduan yang bermukim di Cibodas melalui WA menyampaikan : “Cibodas wilayah depan Tip Top saja ban mobil terendam habis, kendaraan tdk bisa melintas di kolong naik ke Fly Over”

Dari titik banjir di wilayah Periuk dilaporkan bahwa pengungsi sudah mulai berdatangan ke Masjid Al Jihad. Masjid ini memang jadi titik pengungsian dan pos bantuan “langganan” korban banjir untuk mengungsi setiap tahun nya. Sementara Eko melaporkan bahwa air sudah mulai memasuki komplek purati. Warga tampak bergotong royong membendung air dengan sarana seadanya banjir2agar tak memasuki rumah mereka. Eko juga menyebut bahwa 3 pompa air sudah di nyalakan untuk mengurangi efek banjir di komplek ini.

Sementara di aliran sungai yang melintasi samping wilayah Total yang sempat dilaporkan meluap oleh Rokhmat jumat (25/2) lalu, Eko mengirimkan foto kondisi terbaru. Dalam foto tampak tanggul dengan tinggi sekitar 1 meter mulai di tambah dengan kantong-kantong pasir di atas nya. Kantong-kantong pasir di tempatkan di sepanjang tanggul penahan untuk menahan air agar tak menggenangi pemukiman penduduk setempat.

Dari Cipondoh, dilaporkan air tampak menggenangi komplek Banjar Wijaya. Tampak di foto yang dikirimkan air menggenangi jalan setelah gerbang masuk komplek sebelum masjid Nabawi.

Selanjutnya tim Kepanduan terus berkoordinasi untuk menyiapkan seluruh kelengkapan baik peralatan dan personil untuk menghadapi banjir di wilayah Kota Tangerang.

Info update yang dirilis BMKG, Peringatan Dini Cuaca Jabodetabek tgl. 28 Februari 2016, pkl 07.00 WIB. Masih terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pkl. 08.00 WIB di sebagian wilayah Tangerang Raya dan Jakarta.

author
No Response

Leave a Reply