Sosok Menteri Sederhana yang Jalani Dua Peran

anton6

pks-kotatangerang.org - Jalani Dua Peran. Selain waktu dan perhatiannya dicurahkan kepada dunia pertanian yang sangat dicintainya, keluarga juga mendapatkan perhatian lebih dari Anton. Pernikahannya dengan Rossi (48) pada tahun 1984, telah menghadirkan seorang anak bernama Sisi (17) yang kini masih duduk di bangku kelas 2 SMA. “Dalam keluarga pun pasti ada cobaan dan ada pasang surutnya, namun saya selalu berusaha untuk menghadapinya dengan mengembalikan kepada Allah,” ujar Anton tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Dalam hal mendidik anak pun, ia tak pernah memaksakan kehendak. Anton lebih banyak memberikan kebebasan yang bertanggung jawab bagi anak gadisnya tersebut. Namun, tetap saja didikan agama juga menjadi salah satu faktor penting yang diajarkan kepada anaknya itu. Anton berharap anaknya kelak mampu memberikan prestasi yang membanggakan sebagaimana yang ia lakukan ketika masa muda dengan menonjolkan prestasi pendidikan yang cukup baik.

Kini, menjelang berakhirnya masa jabatan sebagai Menteri Pertanian di Kabinet Indonesia Bersatu, Anton mengaku bahwa pekerjaannya belumlah selesai dengan sempurna. “Saya masih belum membersihkan secara total praktek korupsi di Departemen Pertanian, tapi setidaknya sudah berkurang banyak,” tutur Anton yang menyukai olahraga badminton ini. Selain itu, ia juga tak berharap banyak nantinya akan dipilih lagi sebagai seorang menteri. “Saya bukanlah orang yang sangat berambisi,” aku Anton. Selama menjabat, Anton memang telah menjalankan berbagai macam program di bidang pertanian. Menurutnya, untuk mengubah pertanian Indonesia dan meningkatkannya harus dimulai dari setiap orang yang terkait di dunia pertanian. “Yang pertama dan paling penting adalah attitude,” ujar Anton. Baginya, sikap haruslah menunjukkan yang terbaik bagi perkembangan bangsa dan negara. “Dan bila kita mau selamat, ya harus mengikuti aturan Allah,” lanjutnya.

“Bagi saya, dengan memberikan manfaat ke banyak orang, saya akan merasa sukses,” tutur Anton. Kendati begitu, bila ia sudah tak lagi dipercaya untuk mengisi pos Menteri Pertanian, tentunya ia akan kembali lagi menjadi seorang tenaga pengajar yang memang sudah menjadi cita-citanya sedari kecil. Tak hanya itu saja, Anton juga berencana akan menggapai impiannya sebagai seorang ilmuwan handal di negeri ini. “Sambil tak lupa selalu mendekat kepada Allah,” ujar Anton menutup pembicaraan. Fajar

Selanjutnya...

Sempat Sakit Hati sebagai Seorang Peneliti

 

 

 

author
One Response
  1. Sosok Anton Apriyantono : Dosen, Peneliti, Menteri Berprestasi | PKS Kota Tangerang5 years ago

    […] Sosok Menteri Sederhana yang Jalani Dua Peran […]

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.