Semarakan Hari Kartini, SPKK Neglasari Gandeng Salimah Launching RKI

 tmp_18601-IMG-20160426-WA00091389566734

pks-kotatangerang.org - Dalam rangka menyambut & memeriahkan hari Kartini 21 April 2016, hari ini (24/4) SPKK Kecamatan Neglasari bekerjasama dengan Pengurus Cabang (PC) Salimah Neglasari mengadakan acara kajian keislaman sekaligus launching RKI (Rumah Keluarga Indonesia).

Acara yang bertemakan " Meneladani Perjuangan Kartini dalam Pandangan Islam" ini dihadiri oleh sekitar 60 orang ibu-ibu Majelis Ta'lim sekitar wilayah Neglasari.

Acara dimulai pukul 09.00 dan dibuka dengan tilawah qur'an dan sambutan sambutan dari perwakilan ketua PC. Salimah Neglasari Nurlinah, Ketua SPKK kecamatan Neglasari ibu Eka Wati, S.Hut, S.Pd.I dan Sambutan dari perwakilan BPKK Kota Tangerang Ibu Duksinowati, S.Kom sekaligus meresmikan Rumah Keluarga Indonesia Cabang Neglasari. 

Setelah peresmian RKI kecamatan Neglasari diluncurkan, acara dilanjutkan dengan Kajian Islam yang membahas tentang bagaimana perempuan masa kini meneladani perjuangan Kartini sesuai dengan konsep & syariat Islam.

Kajian yang disampaikan oleh Ustadzah Nurjannah, S.Pd.I ini membahas  tentang bagaimana seorang muslimah meneladani perjuangan kartini agar sesuai dengan syariat Islam. Karena pada dasarnya ada perbedaan secara fungsi & tanggung jawab antara laki-laki & perempuan dalam Islam. Emansipasi yang disampaikan Kartini bukanlah untuk menyamaratakan kedudukan laki-laki dan peremuan. Tetapi perjuangan yang kartini lakukan adalah untuk mendapatkan pengajaran & pendidikan yang sama untuk kaum wanita.

Nurjannah mengungkapkan bahwa seorang muslimah harus tetap memperhatikan rambu-rambu syariat dalam meneladani emansipasi kartini. Seorang muslimah yang sholeh, taat pada suami, madrasah pertama bagi anak-anaknya, dan teladan bagi masyarakat sekitarnya. Muslimah adalah pilar bangsa, dimana dengan kualitas muslimah yang baiklah maka akan tercipta bangsa yang baik. Ketaatan muslimah kepada suami yang diridhoi Allah akan menciptakan keluarga yang harmonis dan sakinah, mawaddah, warohmah. Seorang muslimah juga harus cerdas seperti kartini yang berjuang utk kecerdasan kaum wanita. 

Jadi seorang muslimah harus memiliki keharmonisan, kecerdasan, dan ketaatan dalam meneladani perjuangan Kartini. Agar dapat menghasilkan generasi yang harmonis, cerdas, juga taat. Seorang wanita dibolehkan untuk berkarir dengan syarat berdasarkan Ridho dari suami/orang tua. Bukan untuk menyaingi laki-laki dalam segala hal. Karena dalam Islam derajat wanita & laki-laki sama tapi tetap ada perbedaan dalam hal fungsi & tanggung jawab.

Untuk itu Rumah Keluarga Indonesia hadir di tengah-tengah masyarakat khususnya wilayah Neglasari untuk memfasilitasi keluarga Indonesia dlam hal bimbingan & konseling ttg membangun keluarga yang sehat & Islami.

RKI Neglasari yang diketuai ketua SPKK Neglasari Ibu Eka Wati, S.Hut, S.Pd.I ini berlokasi di komplek perumahan Perum Angkasa Pura (PAP). 

Ke depannya kami berharap semoga RKI Neglasari mampu menjadi naungan & rumah aspirasi bagi pilar-pilar bangsa yaitu para kartini muslimah generasi saat ini & selanjutnya. Dalam Kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi untuk mengenalkan DR. Anton kepada ibu-ibu Majelis taklim yang hadir diacara tersebut. (SPKK DPC PKS Neglasari)

author
No Response

Leave a Reply