Smart Revolution Ust Anis Mata

fb_img_1475366611493

Tulisan lama bersemi kembali

#SMART REVOLUTION Nasihat Ustadz Anis Matta kpd para ketum DPW yg menjalankan Muswil:

Salah satu bentuk pengejawantahan keikhlasan dalam situasi transisi kepemimpinan di pusat dan daerah skrg adalah mendorong terjadinya "transfer of power" semulus mungkin di seluruh dpw dan dpd..terutama jika ada di antara antum yg tdk dicalonkan atau dicalonkan tp tdk terpilih..

تلك امة قد خلت لها ما كسبت و لكم ما كسبتم .. و لاتسألون عما كانوا يعملون ..

Sebagai "individu" kt harus belajar bagaimana "tenggelam" dalam "Orgranisasi" Jangan pernah khawatir dgn kritik..krn kritik tdk akan pernah bisa melukai kebesaran seseorang..jgn pernah terpukau dgn sanjungan..krn sanjungan tdk akan pernah bisa merubah katak jadi lembu..

Kt hrs fokus pd cita2 besar kt..dan memastikan bahwa kegelisahan kt seluruhnya bersumber dari fakta bahwa cita2 itu belum terwujud..

Kt harus menjadikan masa depan sebagai kerangka waktu yg mendefenisikan diri kt dan karenanya menentukan cara kt bekerja

Mrk yg mendefenisikan diri sbg masa depan akan bekerja utk menjadi relevan di masa depan..mrk yg mendefenisikan diri sbg masa lalu akan menemukan relevansi dirinya hanya ketika mrk berlindung ke masa lalu dan terus menerus bekerja dgn cara2 lama..inovasi adalah musuh besar mrk.. Kt hrs membebaskan diri dr penyakit besar kaum Islamis..melankolik..!!

Cita2 besar kita adalah mentransformasikan Islam dari "identitas peradaban" kpd "sistem dan institusi politik, ekonomi dan sosial"..

Pencapaian terbesar Gerakan Islam abad 20 adalah membangkitkan kembali identitas peradaban itu. Tugas generasi abad ini adalah mengubah identitas itu menjadi sistem dan institusi politik, ekonomi dan sosial..

Sistem dan institusi itu harus berskala global.. Sistem itu harus melampaui konsep nation state (negara bangsa).. berkembang lbh jauh menjadi konsep "negara jaringan".. yg bertumpu pd "nilai2" dan berorientasi pd "manusia".. serta mengelola seluruh sumber dayanya berbasis jaringan integral.. utk menciptakan pertumbuhan kesejahteran yg berkesinambungan dan keadilan sosial yg hakiki..

Scr internal kekuatan #NegaraJaringan bertumpu pd kapasitas eksekusi bukan pada otoritas legalnya..dan scr eksternal bertumpu pd kontribusinya bagi kemanusiaan bukan pada dominasinya..

Scr ekonomi sistem dan institusi #NegaraJaringan itu harus terbebas dari belenggu pilihan Kanan atau Kiri..dan mengembangkan pendekatan "integrative innovation"..yaitu pendekatan yg memadukan antara etika, pengetahuan dan sumberdaya sebagai sumber pertumbuhan..

serta memadukan fungsi negara dan masyarakat dalam menciptakan keadilan sosial dalam sistem distribusi.. Sistem dan institusi itu jg hrs terbebas dari penyakit split society dimana negara dipisahkan dr individu (bukan hanya dari agama)..dan karenanya tujuan negara sama sekali tdk berhubungan dgn tujuan hidup individu dalam masyarakat..!!..sistem itu hrs bisa mengintegrasikan kesejahteraan dan kebahagiaan..

Sistem dan institusi #NegaraJaringan itu harus memiliki semua parameter real power utk dua tujuan dasar: terus eksis terus bertumbuh.. Sistem dan institusi #NegaraJaringan selanjutnya harus bisa menjadi kekuatan utama dunia (bersama Amerika, Eropa, China dan Rusia).. Menjadi pemain utama dunia berarti berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah2 utama kemanusiaan saat ini sprt kebodohan, kemiskinan, perubahan lingkungan, kekurangan pangan, energi dan air, dan lainnya..

Pemain utama baru ini diterima oleh masyarakat global krn keyakinan mrk pd kejujurannya utk terlibat dalam kemitraan strategis..krn kemampuan inovasi sistemiknya dalam memberikan solusi serta kekuatan jaringan operasi kelembagaannya..

Pemain global kelima ini dgn semua kualifikasi itu kelak dapat menemukan momentum utk membangun Tatanan Dunia Baru sebagai pengganti dr Tatanan Dunia yg skrg sedang menuju kebangkrutan.. Itu ide dasarnya..itu yg akan membuat kt relevan di masa depan..

tp ide itu membutuhkan pendekatan yg lbh massif..pendekatan yg ingin saya sebut sbg #smart revolution..

From Russia With Love

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *