Jadilah Ibu Seutuhnya

No comment 471 views

bpkk-d

tangerang.pks.id - Dalam rangka memaknai Hari Ibu, pada hari Sabtu 24 Desember 2016, Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Kota Tangerang mengadakan seminar kesehatan. Seminar ini dilaksanakan oleh Rumah Keluarga Indonesia (RKI) bekerja sama dengan Yayasan Peduli Kanker Serviks dengan tema Mengenal Kanker Serviks, Pencegahan, dan Pengobatannya.
Hadir dalam seminar ini para ibu dari berbagai latar belakang dan usia, dari beberapa kelurahan di wilayah Kecamatan Tangerang.

Seminar kesehatan ini menjadi sarana pembekalan untuk para ibu, untuk bisa memahami dengan baik, tentang penyakit yang mematikan kaum perempuan, sehingga bisa berupaya untuk mencegahnya. Untuk itulah RKI Kota Tangerang, menyelenggarakan kegiatan ini agar para ibu menjadi ibu yang sehat lahir batinnya. 

Dari tim Yayasan Peduli Kanker Serviks, Lia Purnama Sari dan Sri Anjarwati, menjelaskan dengan detail semua hal yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi. Mulai dari data usia yang banyak terjangkit, sampai kepada bagaimana mendeteksi secara dini dan yang penting adalah bagaimaan berupaya untuk mencegahnya, mulai dari menjaga makanan dan pola hidup sehat. Para ibu terlihat antusias dengan pemaparannya, dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan.

Semntara itu untuk mengingatkan tentang kesehatan diri, dalam sesi registrasi kehadiran juga disertai dengan cek gula darah, asam urat, dan juga cek tensi darah. Acara juga diramaikan dengan anak anak yang diajak turut serta ke tempat acara yang diadakan di lantai 2 DPD PKS Kota Tangerang.

Alhamdulillah anak-anak cukup antusias membaca buku cerita anak yang di sediakan panitia di ruangan terpisah, selain itu panitia juga menyiapkan sarana yang membuat mereka nyaman dan betah berada di ruangan rumah cerdas pusat khidmah PKS seperti mewarnai, makanan kesukaan anak-anak, sehingga para ibu bisa mengikuti seminar dengan seksama.

bpkk-c

Acara dibuka oleh Rahmi Silviani sebagai MC, lanjut dengan tilawah oleh Marlina, dan sambutan dari Lilis Suharah selaku Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga. 

Dalam sambutannya Ketua BPKK ini mengatakan bahwa sesungguhnya setiap hari adalah Hari Ibu. Tetapi dalam momen ini menjadi saat yang tepat untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat bahwa ibu memiliki posisi strategis dalam kemajuan sebuah bangsa. "Jika ibu sehat lahir batin, maka bisa melahirkan generasi yg sehat pula lahir batinnya" sebutnya.

Lilis menambahkan "Tugas semua komponen masyarakatlah, untuk bisa menempatkan ibu dalam posisi sesuai porsinya. Jangan hanya menjadi ibu biologis, tapi jadilah ibu seutuhnya, sebagai ibu dunia akhirat, yang bisa mengantarkan generasi yang sukses dunia dan akhiratnya. Jadilah ibu yang dirindukan surga, yang penuh kasih sayang dan menjaga ibadahnya dengan baik."

RKI melupakan salah satu desk layanan masyarakat yang di tangani oleh BPKK DPD, mengambil peran dengan konsen terhadap permasalahan perempuan dan keluarga, dengan 8 ruang lingkup RKI, yaitu
1. Pembekalan pranikah
2. Harmonisasi suami isteri
3. Pendidikan orang tua dan anak
4. Sahabat anak dan remaja
5. Ekonomi keluarga
6. Konseling dan advokasi keluarga
7. Pembinaan lansia
8. Pencerdasan politik

Acara diakhiri dengan pembacaan doa oleh ustadzah Nurjannah sebagai ibu pelopor dan tokoh perempuan PKS, yang berharap acara ini diridhoi Allah swt, dan bermanfaat bagi para ibu yang hadir. Selesai doa acara di lanjut dengan memberikan bingkisan kepada pembicara sebagai tanda terimakasih.

Semoga acara seminar ini bisa memberikan pemahaman yang baik kepada semua perempuan dengan berbagai usia. Sehingga ibu sehat, ibu cerdas, ibu sholihah, menjadi ciri kita para ibu pelopor penggerak kebaikan.
Aamiin.

 

 

Lilis Suharah, S.Pd.I
Kabid perempuan dan Ketahanan Keluarga

author
No Response

Leave a Reply