Gratis, Pemeriksaan Dini Kanker Payudara di 13 Kecamatan Kota Tangerang

WhatsApp Image 2018-08-16 at 19.15.26“Muslimah sehat harus mengatur pola akan, olah raga dan membiasakan hidup sehat. Kemudian melakukan tindak lanjut, bila ditemukan kondisi kurang sehat,” tekan Tuti Elfita, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi Banten yang terus bersosialiasi ke beberapa kecamatan di Kota Tangerang, dalam program pengecekan dini terhadap kanker payudara.

 

Survey yang telah dilakukan beberapa tahun lalu, menyatakan bahwa penyakit kanker payudara menjadi kasus terbanyak di Indonesia, serta menjadi penyumbang kematian terbanyak.Ini terjadi karena meningkatnya pola perubahan hidup masyarakat. Menurut organisasi penanggulangan kanker dunia dan badan kesehatan dunia diperkirakan terjadi peningkatan kanker di dunia 300 persen pada 2030.

Peduli akan hal tersebut, diantaranya melalui RKI (Rumah keluarga Indonesia) mengadakan pemeriksaan dini kanker payudara gratis. Bekerja sama dengan Edwar Teknology, bertempat di Gedung PKS, Jl. Jendral Sudirman, Kota Tangerang. Kegiatan ini merupakan kali ketiga, setelah sebelumnya di Kecamatan Cipondoh dan Kecamatan Cibodas.

Hadir dalam setiap acara, Ibu Ir. Hj. Tuti Elfita, MSI, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi Banten. Beliau selalu menekankan pentingnya upaya menuju muslimah yang sehat, dan bugar, dengan dengan mengatur pola makan, olah raga dan kebiasaan pola hidup sehat. Selanjutnya, secara dini melakukan tindak lanjut bila ditemukan kondisi yang kurang sehat sehingga bisa ditangani lebih awal.

Selain pengecekan dini terhadap kanker payudara, acara berlangsung, Kamis (16/8), mengundang 100 wanita ini,  juga dilakukan  pengecekan kesehatan lain. Yakni, kondisi fisik dan komposisi tubuh, dengan cara pengukuran indeks berat massa, kadar lemak dalam tubuh, kadar air dalam tubuh, masa tulang, kadar lemak di sekitar perut dll.

Selain Ibu Tuti, acara tersebut dibuka oleh ibu Lilis Suharlah, Spdi, Ketua RKI Kota Tangerang. Dalam kegiatannya, dikenalkan juga Komunitas Muslimah Sehat, Bugar, Menarik (MSBM) oleh ibu Shinta Windi Brilianti, Presiden Komunitas Muslimah SBM, yang dalam penjelasannya memberikan tips dan trik untuk bisa senantiasa menjaga kesehatan pribadi dengan mencontohkan beberapa gerakan olah tubuh yang bisa dilakukan di rumah. Program  pemeriksaan dini kanker payudara akan berlangsung hingga 30 September di seluruh Kota Tangerang.

 

Demikian siaran pers ini kami terbitkan.

author
No Response

Leave a Reply