RKI Ciledug Adakan Pelatihan Daur Ulang Minyak Jelantah

WhatsApp Image 2019-12-22 at 21.09.41Tangerang (20/12) -- Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Ciledug tengah menggiatkan kegiatan life skill untuk masyarakat di wilayah Ciledug dan sekitarnya. Tujuan dari kegiatan life skill ini adalah untuk membantu masyarakat agar lebih berdaya dan mandiri secara ekonomi. Salah satu kegiatan life skill yang diselenggarakan oleh RKI Ciledug adalah pelatihan daur ulang minyak jelantah. 

Hampir semua rumah memproduksi minyak jelantah, jika pernah menggoreng. Minyak jelantah yang dibuang sembarangan akan mencemari lingkungan. Namun, RKI Ciledug justru melihat peluang untuk mengubah minyak jelantah menjadi produk yang dapat digunakan kembali menjadi sabun. 

Oleh karena itu,  RKI Ciledug mencetuskan kegiatan pelatihan daur ulang minyak jelantah menjadi sabun. Sejumlah peserta yang hadir tampak antusias melihat dan belajar mentranformasi minyak jelantah menjadi sabun. 

Secara sederhana, bahan yang digunakan untuk sabun minyak jelantah adalah bahan alkali dan asam lemak yang dicampur sampai mengental. Bahan alkali yang digunakan adalah NaOH,  sedangkan asam lemak yang digunakan adalah minyak jelantah. Hasil pelatihan ini dapat dibawa pulang oleh seluruh peserta pelatihan. 

Dalam pelatihan yang dipandu oleh Ibu Siska juga diingatkan bahwa minyak goreng secara aman hanya dapat digunakan untuk 3 kali dengan suhu di bawah 125 derajat celcius. Serta diingatkan pula jika minyak goreng dipakai lebih dari itu maka akan menghasilkan radikal bebas yang bersifat karsinogen dan membahayakan kegiatan. Di akhir pelatihan, RKI Ciledug berjanji untuk mengadakan kegiatan life skill lain yang lebih bermanfaat untuk masyarakat Ciledug. (bzr)

author
No Response

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.