Empat Hari Dirikan 13 Posko, PKS Kota Tangerang Bagikan 13.171 Makanan Siap Saji Untuk Korban Banjir

WhatsApp Image 2020-01-06 at 11.07.57Tangerang - Curah hujan tertinggi sejak 24 tahun terakhir menurut rilis BMKG, yang mengguyur beberapa wilayah di pulau Jawa mulai 31 Desember 2019, mengakibatkan bencana banjir yang menerjang di beberapa titik. Bukan hanya di titik-titik langganan banjir, hujan yang turun sejak malam pergantian tahun ini juga menggenangi tempat-tempat yang selama ini aman meski hujan deras mengguyur.

Diskominfo Kota Tangerang dikutip dari beberapa sumber menyebut, ada 294 titik banjir di Kota Tangerang. Dari sejumlah titik tersebut ada 16.994 warga yang terdampak ssehingga membutuhkan kerjasama seluruh elemen masyarakat Kota Tangerang.

Partai Keadilan Sejahtera sebagai partai yang terdepan dan responsif dengan aksi tanggap bencana pun turut berperan aktif membantu masyarakat menghadapi bencana banjir ini. Minggu (5/1) lalu, DPD PKS Kota Tangerang menyampaikan rilis data aktifitas posko yang didirikan di beberapa kecamatan sejak hari pertama banjir terjadi pada 1 Januari 2020.

Arief Wibowo, ST., MM. selaku sekum DPD PKS Kota Tangerang menyebutkan ada 13 posko tanggap bencana banjir yang didirikan di wilayah Kota Tangerang. Ke 13 titik posko tersebut adalah :

Posko Induk DPD PKS 
Jl. Veteran I No. 44 (Bypass), Komplek Ditjen Pas Kehakiman Kota Tangerang Telpon : 021-55762568

Posko DPC PKS Ciledug 
Jl. H. Topik No. 3, RT. 02/08, Kel. Paninggilan Utara, Kec. Ciledug, Kota Tangerang

Posko DPC PKS Larangan 
Posko 1 : Jl. HOS Cokroaminoto, RT.001/RW.005, Kreo Selatan, Kec. Larangan, Kota Tangerang, Banten 15156
Posko 2 : Jl. Inpres Raya, RT.002/RW.009, Larangan Utara, Kec. Larangan, Kota Tangerang, Banten 15154

Posko DPC PKS Cipondoh 
LTQ Hidayah, Komplek Puri Permata RT. 05/12, Kel. Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang

Posko DPC PKS Batuceper 
Mushollah Roudlotul Ubudiyah, belakang Alfamidi Poris

Posko DPC PKS Pinang 
Jl. H. Tait komplek Pinang Griya, Pinang Tangerang 

Posko DPC PKS Karawaci
Lobi City Mall Jl. Raya Mauk, Kel. Nambo, Kec. Karawaci

Posko DPC PKS Benda
Jl. Al-Mukhlisin, Alam Indah Timur, RT. 01/01, Kel. Belendung, Kec. Benda

Posko DPC PKS Karang Tengah
Jl Raden Saleh, RT. 01/06, Kel. Karang Mulya, Kec. Karang Tengah

Posko DPC PKS Neglasari
Kp. Selapajang RT. 04/06, Kel. Selapajang Jaya, Kec. Neglasari

Posko DPC PKS Periuk
Jl. Damar 1 no 100-101, Kel. Periuk, Kec. Periuk

Posko DPC PKS Cibodas
JL Hanila 4 no 26, Perum 2, Kec. Cibodas

Di 13 titik posko ini PKS Kota Tangerang menurunkan 5 buah perahu karet yang diadakan secara mandiri dari hasil swadaya seluruh kader, dengan total 380 orang kader yang terlibat sebagai relawan. Di lapangan tercatat mereka melakukan evakuasi sejumlah 63 orang serta mendistribusikan logistik keperluan warga selama banjir berlangsung ke 57 titik distribusi. Logistik yang dimaksud adalah makanan siap saji sebagai kebutuhan utama warga yang terdampak, sampai kebutuhan pribadi seperti pembalut wanita.

Arief juga menyebut, dari update data yang dilaporkan hingga hari ke-5 banjir atau per 5 Januari 2020 dari seluruh posko se-Kota Tangerang, tercatat telah didistribuskan bantuan sebagai berikut : makanan siap saji 13.171 paket, air mineral kemasan 286 karton, beras 30 Kg, pembalut wanita 30 pack, pampers 22 bal, susu balita 8 box, bubur bayi 11 box, alat Kebersihan 530 paket, pakaian layak pakai 14 karung.

Lebih lanjut Sekum DPD PKS Kota Tangerang ini menyampaikan bahwa bukan hanya kebutuhan saat banjir yang kita bantu, tapi keperluan pasca banjir pun kita coba penuhi. Meski mungkin memang tak bisa memenuhi kebutuhan seluruh korban banjir, karena tugas utama penanganan korban banjir tetap pada pemerintah kota Tangerang, sementara PKS Kota Tangerang hanya bersifat membantu.

Kebutuhan pasca banjir yang dimaksud adalah air bersih yang sangat dibutuhkan untuk keperluan memasak dan keperluan sehari-hari lainnya. Matinya listrik menyebabkan pasokan air bersih terhenti, sementara warga membutuhkan air bersih untuk memasak dan lain lain, maka PKS Kota Tangerang pun mengirimkan 3 mobil tangki air yang disebar ke beberapa titik untuk memenuhi kebutuhan itu serta 1 tangki air dipergunakan untuk membersihkan jalan di titik RW 7 Poris Plawad karena laporan warga bahwa jalan ini licin dan membuat beberapa warga terjatuh.

Selain air bersih PKS Kota Tangerang juga mendistribusikan alat-alat kebersihan untuk warga yang ingin membersihkan kotoran pasca banjir di rumah mereka. Alat kebersihan yang dimaksud adalah alat pel, gayung, sapu lidi, ember, dan gayung. Total alat kebersihan yang telah disalurkan sebanyak 530 paket.

Kotornya lingkungan pasca banjir biasanya menyebabkan warga rentan terserang penyakit, untuk mengantisipasi hal tersebut pun PKS Kota Tangerang telah melaksanakan layanan kesehatan di beberapa titik posko. Dalam layanan kesehatan ini di berikan bermacam obat-obatan sesuai kebutuhan dan keluhan warga korban banjir sejumlah 171 paket.

Lebih lanjut Arief menyampaikan, merujuk pada data yang disampaikan BMKG bahwa curah hujan tinggi masih akan terus terjadi hingga beberapa waktu ke depan, sehingga beliau telah meminta kepada seluruh kader untuk terus memantau dan melaporkan sesegera mungkin perkembangan informasi bencana ke struktur terkait di DPD PKS Kota Tangerang.

Humas DPD PKS Kota Tangerang

author
No Response

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.