Peningkatan Mutu Konselor Keluarga RKI BPKK DPD PKS Kota Tangerang

WhatsApp Image 2020-08-08 at 18.31.27 (1)Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) pada hari Sabtu 8 Agustus 2020 melaksanakan agenda peningkatan mutu konselor keluarga Rumah Keluarga Indonesia (RKI). 

Tema yang diambil dalam peningkatan mutu kali ini adalah Teknik Komunikasi dalam Proses Konseling di Masa Pandemi, yang disampaikan dalam bentuk webinar via zoom meeting. Diikuti oleh 74 konsultan keluarga RKI Kota Tangerang, yang terdiri dari pengurus BPKK, pengurus SPKK dan para konselor keluarga RKI.

Masa pandemi sudah memasuki bulan kelima. Tentunya ini bukan waktu yang singkat. Banyak hal yang terjadi, khususnya dalam keluarga apalagi sejak pemerintah terus mengkampanyekan stay at home. Intensitas pertemuan yang semakin sering jika tidak disikapi dengan baik justru akan menimbulkan gesekan antara suami istri, anak dan anggota keluarga lainnya.

Sebagai kader da'wah yang diamanahkan dalam struktur partai baik BPKK ataupun SPKK tentunya memiliki tanggung jawab yang tidak mudah. Karena selain harus mengatasi problematika pribadi, juga dituntut  untuk bisa membantu  problematika yang terjadi di lingkungan sekitar.

Salah satu program dari 8 program RKI adalah konsultasi keluarga. Cukup banyak keluarga yang membutuhkan tempat untuk berbagi sekaligus dapat memberikannya nasihat dalam mengatasi permasalahan keluarganya.

Ini menjadi suatu hal yang sangat penting dalam rangka khidmat kita kepada umat, turut mengambil bagian dalam penyelesaian berbagai konflik yang ada.

Oleh karena itu, peningkatan keilmuan konselor begitu penting, khususnya dalam ilmu konseling terutama di masa pandemi ini mengingat beragamnya permasalahan yang timbul baik internal maupun eksternal. 
Semoga kegiatan ini tidak hanya menambah ilmu, tapi juga menjadi motivasi bagi kita untuk tetap berkhidmat membantu menyelesaikan permasalahan dalam keluarga.

Ibu Dra Djauharah Psi, M.Pd, C.Ht yang akrab dipanggil Bunda Djauharah berkenan memberikan ilmunya. Peserta begitu antusias dalam mengikuti paparan  yang merupakan pengalaman beliau selama 35 tahun sebagai  psikolog dan konselor keluarga.

Agenda webinar ini dalam rangka  meningkatkan ketahanan keluarga yang akan berdampak pada ketahanan nasional. Semoga Allah SWT meridhoi setiap langkah kita .

Lilis Suharah
Ketua BPKK DPD PKS Kota Tangerang

author
No Response

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.