Harmonisasi Pasangan Suami Isteri

No comment 58 views

WhatsApp Image 2020-12-21 at 18.12.02Alhamdulillaah sudah terlaksana Webinar BPKK dalam rangka ketahanan keluarga, dengan mengambil tema Menguatkan Cinta Karena Allah

Pemateri Webinar adalah seorang Psikolog yaitu Bapak Muhammad Iqbal, Ph.D didampingi isteri Ibu Kisma Fawzea, S.Psi dan biasa dipanggil Mba Zee Zee.

Webinar yang diselenggarakan sore hari Ahad 20 Desember 2020, diikuti oleh 231 pasangan suami isteri dari Kota Tangerang. Cukup banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta semoga bisa memjadi pencerahan bagi setiap pasangan baik pengantin baru ataupun pengantin lama.

Acara dimulai oleh MC dilanjutkan Tilawah dan sambutan oleh Ibu Lilis Suharah Ketua BPKK dan sambutan Ketua DPD PKS Kota Tangerang Bapak Tengku Iwan. 

Setiap Pasangan suami istri dalam kehidupan sehari-hari, selalu mengalami dinamika dan fluktuasi dalam interaksi cinta dan kasih sayangnya.  Ada masa dimana interaksi yang sangat kuat, cinta dan kasih sayang terbangun dengan sangat membara, seperti yang kita saksikan pada rata-rata pengantin baru. Namun ada masa dimana mereka mengalami kegersangan cinta dan kehambaran perasaan, terutama pada saat mereka mengalami fase konflik yang berkepanjangan.

Pada saat suasana cinta mereka tengah membara, maka interaksi di antara mereka terasa sangat menyenangkan dan membahagiakan.  Betapa mudah bagi suami dan istri untuk berlaku baik, lembut, mesra, saling membantu, saling memaklumi, saling mengerti di antara mereka berdua. 

Namun pada saat suasana cinta mereka tengah mengalami kegersangan, ditambah dengan konflik yang tidak segera terselesaikan, maka akan sangat sulit bagi suami dan istri untuk berlaku baik di antara mereka.

Menikah dengan didasari cinta Karena Allah bukan berarti tanpa ikhtiar untuk merawatnya. 
Oleh karena itu setiap pasangan perlu untuk saling mengenal lebih jauh, memahami karakter masing masing agar mudah untuk saling menjaga dan menguatkan dalam menghadapi dinamika berumah tangga yang menjadi sebuah keniscayaan.
Oleh karena itu perlu upaya lain untuk meningkatkan kemampuan pasangan suami isteri yaitu dengan menambah ilmu tentang cinta dalam pernikahan itu sendiri. 

Ada beberapa hal  yang perlu kita camkan dari paparan Nara sumber, terutama tentang masalah komunikasi, rata rata setiap pasangan menyampaikan bahwa yang menjadi kendala utama dalam menjalani pernikahan adalah masalah komunikasi.

Bapak Muhammad Iqbal menyampaikan bahwa Komunikasi Pasutri lebih terkait intonasi, gesture, maka untuk komunikasi perlu:

 5 Bahasa cinta
1️⃣kata kata yang menguatkan (menghargai, mengapresiasi)
2️⃣sentuhan (pijitan, kecupan)
3️⃣perhatian yang tidak terbagi (waktu, memberi hadiah sebagai kejutan)
4️⃣keluar berdua sebulan sekali (bahas tentang kita, kangen ketika berjauhan, cerita tentang masa lalu ketika susah)
5️⃣melayani yang disukai suami (tanpa diminta)

5 waktu yanh dilarang ketika komunikasi untuk bahas masalah
1️⃣saat lelah
2️⃣saat lapar
3️⃣saat ngantuk
4️⃣saat penuh perhatian terhadap sesuatu
5️⃣saat libido

Semoga setiap kita mampu melewati dan menyelesaikan setiap konflik yang ada dalam rumah tangga, sehingga memiliki Sakinah Mawaddah wa Rahmah dalam keluarganya masing masing.  Dan saat itulah maka peran da'wah kita di luar akan semakin kokoh pula.

BPKK DPD PKS Kota Tangerang
2015-2020

author
No Response

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.