Banjir Terjang Kampung Darussalam Batuceper, PKS Turunkan Bantuan untuk Warga

WhatsApp Image 2021-02-14 at 23.06.16Tangerang (14/02)Pemukiman RW 03 Darussalam, Kelurahan Batusari, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang kebanjiran setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut, dengan ketinggian air rata-rata mencapai 50 cm. Warga pun mengungsi ke sanak keluarganya, dikarenakan lokasi pengungsian yang biasanya digunakan urung dilakukan untuk mencegah penularan Covid.

Dari pendataan yang dilakukan oleh relawan PKS di lokasi banjir, paling tidak ada 4 RT di wilayah RW 03 yaitu RT 02, 03, 04 dan 05 yang terdampak banjir dengan lokasi banjir terparah berlokasi di RT 03/03. Total warga yang terdampak sekitar 400 KK dengan total jumlah penduduk terdampak antara 1200-1300 jiwa.

Menerima informasi ini, DPD PKS Kota Tangerang memberikan bantuan untuk warga terdampak banjir, khususnya di wilayah RT 03/03 yang memiliki tingkat keparahan yang tinggi melalui koordinasi dengan Bapak Ujang selaku Ketua RT setempat.

Bantuan diberikan pada hari Ahad, 14 februari 2021 yang langsung disampaikan oleh Ketua DPD PKS Kota Tangerang, Arief Wibowo, ST., MM. dengan didampingi jajaran pengurus DPD PKS terkait yaitu Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial (Kesos), Rahmi Silviani, SSi., Apt., dan Ketua DPC PKS Kecamatan Batuceper Dade Rahman serta Sekretaris DPC Heriyanto.

Pada kesempatan tersebut, PKS Kota Tangerang menyalurkan bantuan berupa bahan pokok, obat-obatan serta alat kebersihan. Kendati banjir sudah mulai surut, namun sebagian rumah masih ada yang terendam banjir hingga saat bantuan diberikan.

Bantuan yang diberikan sejalan dengan aspirasi warga yang disampaikan melalui Ketua RT setempat saat relawan PKS pertama kali melakukan kunjungan untuk memetakan dampak banjir dan bantuan yang paling dibutuhkan oleh warga.

Dalam kunjungan perdana tersebut relawan PKS mencatat kebutuhan utama warga adalah bahan pokok, obat-obatan untuk warga yang terserang penyakit akibat banjir antara lain penyakit perut dan penyakit kulit, serta sarana dan perlengkapan kebersihan untuk melakukan kegiatan pembersihan rumah pasca banjir

Warga menyambut baik bantuan yang disalurkan oleh DPD PKS Kota Tangerang seraya menyampaikan bahwa sampai saat bantuan diberikan, baru PKS satu-satunya partai yang menyalurkan bantuan ke lokasi banjir.

Dalam sambutannya, Ketua DPD PKS Kota Tangerang, Arief Wibowo menyampaikan bahwa seyogianya partai politik hadir kapanpun di saat masyarakat membutuhkan, dan tidak hanya hadir menjelang pelaksanaan Pemilu dan Pilkada untuk sekedar mendapatkan dukungan berupa suara dari masyarakat, namun tidak dirasakan keberadaannya dalam periode 5 tahun antara satu pemilu ke pemilu berikutnya.

PKS Kota Tangerang berkomitmen untuk melakukan kegiatan pelayanan kepada masyarakat terdampak bencana sebagaimana yang selama ini telah menjadi tradisi PKS sebagai partai terdepan dalam kegiatan tanggap bencana di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Tangerang, terlebih di masa ancaman bencana yang meningkat dikarenakan faktor kerusakan lingkungan serta cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini.

Dalam kesempatan tersebut, Arief Wibowo juga berkeliling bersama jajaran pengurus RT setempat untuk mendapatkan gambaran lebih lanjut tentang penyebab banjir yang berulang kali terjadi di wilayah tersebut.

Hal ini dilakukan agar dapat dirumuskan solusi yang komprehensif terhadap penanggulangan banjir di masa yang akan datang, termasuk di dalamnya adalah penataan ulang dan perbaikan saluran air atau drainase di seluruh lingkungan tersebut, sehingga jalur aliran air dapat berjalan dengan baik dengan kapasitas yang memadai untuk menampung debit air yang masuk.

Solusi lain akan dirumuskan lebih lanjut melalui survei dan pemetaan masalah secara lebih mendalam.

Dari perumusan masalah yang dilakukan, selanjutnya akan menjadi bahan bagi Anggota Legislatif PKS di wilayah tersebut untuk melakukan advokasi perbaikan infrastruktur sehingga permasalahan banjir di lingkungan tersebut dalam jangka menengah dan panjang dapat teratasi.

Di akhir acara, Arief juga berpesan agar komunikasi antara tokoh masyarakat di lingkungan tersebut dengan struktur PKS terdekat dalam hal ini Ketua Dewan Pengurus Ranting PKS Kelurahan Batusari serta Ketua DPC PKS Kecamatan Batuceper dapat terus berlanjut dalam rangka menuntaskan permasalahan banjir serta jika sewaktu-waktu dibutuhkan kembali bantuan akibat dampak banjir, sehingga bantuan dapat diberikan dalam waktu yang lebih cepat lagi.

author
No Response

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.