Masa Pandemi, PKS Periuk Gelar Pelatihan Budidaya Maggot

photo6312065701673806953Tangerang (11/4) — Ahad pagi, 11 April 2021 bertempat di rumah salah satu kader Kelurahan Gebang Raya Kecamatan Periuk, yang juga penggiat budidaya Maggot, Muhamad Zaki diadakan pelatihan bertajuk “Peluang budidaya Maggot untuk Kesejahteraan Bersama”. Kegiatan ini diprakarsai oleh DPC PKS Periuk Kota Tangerang bertolak dari keresahan beberapa kader karena dampak pandemi yang berefek pada perekonomian yang kian sulit.

Adalah Bidang Kesejahteraan Anggota (Kesra) DPC PKS Periuk yang menggagas program ini untuk mensejahterakan kader dan warga sekitar. Dihadiri oleh Ketua DPC, Kabid dan Sekbid Kesra DPC Periuk serta para ketua DPRa se-kecamatan Periuk kegiatan ini pun resmi digelar.

Diawali dengan sambutan Ketua DPC, Abdul Kodir yang mengajak seluruh kader untuk senantiasa berinisiatif membuka peluang-peluang usaha dan bersemangat untuk melayani umat.

Dalam kesempatan yang sama, Maryono selaku Kabid Kesra menyampaikan peluang-peluang bisnis budidaya maggot. Agenda dilanjutkan dengan pemaparan dari Joko Suwito (Sekbid Kesra) dimana beliau pernah beternak ikan namun berhenti karena terjadi ketimpangan antara harga ikan dan harga pakannya. Maka saat ada info tentang budidaya makanan ternak, ini sangat solutif.

Beliau menuturkan, berdasarkan pengalaman di lapangan para peternak ikan dan lele itu selain mengandalkan pakan dari pabrikan harus disinergikan juga dengan pakan yang tinggi protein dan maggot inilah salah satu pakan yang berprotein tinggi tersebut. Dan diharapkan budidaya maggot ini jadi langkah alternatif dan solutif bagi para pembudidaya ikan dan lele.

Pemaparan selanjutkan disampaikan oleh penggiat budidaya maggot. Zaky, begitu beliau biasa disapa menyampaikan berbagai tahapan pembudidayaan maggot. Mulai dari telur yang perawatannya tidak boleh terkena media serta tahapan-tahapan berikutnya yang dituturkan secara runut. Zaky juga menunjukkan media- media pembudidayaan magotnya satu persatu.

Agenda berakhir diwaktu dhuhur dengan menyisakan semangat yang luar biasa dari para peserta setelah mendengar materi langsung dari pemateri. Peserta yang hadir dalam agenda ini mengharapkan agar ada pendampingan untuk mereka yang tertarik untuk memulai budidaya maggot.

(Rohmat)

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *