Inspiring Woman : Kartini Indonesia yang Mendunia

photo6091656917870029689Warisan seorang yang beriman bukanlah banyaknya harta, tingginya jabatan, tetapi melainkan jejak perjuangan yang banyak menorehkan tinta emas kebaikan bagi kehidupan dan bagi orang-orang disekitarnya.

Wanita memiliki andil besar dalam menentukan jalannya peradaban sejarah. Baik yang dimiliki bangsa ini ataupun bangsa-bangsa di dunia ini. Tidak harus dijadikan perdebatan, tetapi yang terpenting adalah semangatnya dan inovasinya bisa dijadikan mutivasi kebaikan.

Ummu Umar adalah seorang perempuan sederhana yang luar biasa, agak sulit dicari tandingannya diantara para tokoh perempuan Indonesia abad 15 Hijriah atau bertepatan dengan abad 21 Masehi.(Miskat Publication)

Ummu Umar banyak menorehkan sejarah dalam kehidupannya untuk berusaha belajar terbaik dalam mengangkat derajat dan martabat kaum hawa. Ummu Umar, ibu dari 13 anak ini adalah seorang ibu rumah tangga yang bisa kita jadikan teladan dalam membimbing anak-anaknya dan jama'ah pengajian majelis ta'lim binaanya. Ummu Umar dalam tumpukan kesibukan hariannya, tetapi tidak melupakan tanggung jawab perannya sebagi ibu rumah tangga.

Dengan setumpuk amanah yang ada dipundaknya, masih ada celah untuk berkunjung langsung ke rumah-rumah muridnya atau binaanya agar bisa mengetahui langsung kondisi dan keadaanya. Bahkan ketika di rumah, Ummu Umar tak segan membantu pekerjaan khadimat-khadimatnya. Ketika ada di kantor Ummu Umar sangat disegani oleh teman dan kawan-kawannya karena kesantunan, kesederhanaan dan kejujuran pribadinya.
Ketika hadir di majelis ta'lim Ummu Umar sangat dinanti dan dirindu kehadirannya serasa semua ingin dekat dengannya.

Begitu banyak amanah dipundaknya, namun tetaplah kesederhanaan yang dibawa dalam kesehariannya. Badan Kontak Majelis Ta'lim berada dibawah bimbingannya. Gema Khadijah, Persaudaraan Muslimah Indonesia (Salimah) beliaulah pendirinya. Sedangkan Adara Relief Internasonal beliau jugalah sebagai pendirinya. Ummu Umar juga sebagai Ketua umum 1 Internasional Muslim Women Unnion (IMMU) tahun 2000. Ummu Umar juga sebagai narasumber seminar baik dalam maupun luar negeri masalah wanita, pendidikan, anak dan keluarga. Anggota Dewan Pakar ICMI bidang pemberdayaan keluarga, perempuan, perlindungan anak dan lansia. Dosen di berbagai perguruan tinggi Islam di Jakarta. Ketua Departemen Kewanitaan PKS, serta anggota DPR/DPRI, serta sederetan pengalaman organisasi. Ummu Umar adalah salah satu dari lima wanita dalam misi kemanusiaan Viva Palestina 5. Dan Ummu Umarlah wanita pertama yang mengajukan permohonan agar tentara dan polisi wanita untuk berhijab.

Ummu Umar adalah salah satu daiyah muassis dakwah di negeri yang kita cintai karena Allah. Beliau menjadi Kartini abad modern yang tidak menjadi bahan perdebatan organisasi, kelompok dan golongan yang tiada berakhir. Ketika Kartini tampil dengan konde dan kebaya, ada yang berpendapat itu adalah rekayasa musuh Islam dan orang-orang sekuler. Ketika Kartini tampil dengan menggunakan jilbab, ada yang berpendapat itu foto hoax. Mana ada pada zaman itu kenal generasi melenial, Kartini itu bukan muslim. Kartini itu tidak percaya hari akhir.

Tetapi itulah sejarah dimasa lalu yang ditulis, dicatat dan diingat oleh generasi yang akan datang, termasuk kita.

Saya membaca sebuah artikel yang ditulis oleh saudara Muhammad Nasir Badu yang sangat arif dan bijaksana dalam berpendapat mengenai Kartini yang patut kita renungkan.

Kartini adalah simbol dijadikannya ikon progretivitas. Perempuan adalah bagian dari sejarah bangsa yang tidak bisa dipungkiri. Karena sekecil apapun perannya yang dilihat adalah bagaimana dia gusar melihat keberadaan perempuan. Kartini bukan tidak memiliki sesuatu untuk Indonesia. Dia punya sesuatu, andaikata Kartini orang yang salah dan semisalnya, maka menjadi ikon salah.

Panut Haryadi
Reli Tangerang

author
No Response

Leave a reply "Inspiring Woman : Kartini Indonesia yang Mendunia"