Nabung Minyak Jelantah dapat Mini Gold

Setelah diluncurkan pada 25 Juli 2021 lalu, program tabungan minyak jelantah (mijel) yang diadakan oleh RKI kecamatan Periuk mendapat sambutan yang baik dari masyarakat sekitar.

Program ini diberi nama Tabungan Mijel Berkah. Dikatakan sebagai tabungan karena RKI kecamatan Periuk akan memberikan kompensasi dalam bentuk tabungan uang tunai bagi yang menitipkan minyak jelantahnya.

Yang menarik dari program ini adalah bahwa tabungan dapat sewaktu-waktu tanpa batas minimal tabungan atau dapat ditabung sampai mencapai jumlah tertentu untuk kemudian ditukar dengan minigold.

Tujuan dari program ini yang pertama sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang minyak goreng bekas pakai ke selokan yang akan membuat mampet selokan, dan mencemari lingkungan tentunya. Kedua, mengumpulkan minyak goreng bekas pakai yang dapat memberi keuntungan ekonomi dibandingkan hanya dibuang begitu saja.

Sebagai informasi, bahwa minyak jelantah yang sudah terkumpul akan diserahkan ke pengepul besar yang kemudian akan diolah kembali untuk dijadikan bio diesel.

(Woro Sayekti)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *