Penertiban Daerah Kumuh Harus dengan Pendekatan Manusiawi

fahmy alaydrusPKS Kota Tangerang - Jakarta (12/4)  Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahmy Alaydroes mengatakan bahwa menertibkan daerah kumuh dan semrawut adalah salah satu tugas pemerintah daerah; kemudian membangunnya menjadi daerah yang lebih rapi, bersih dan manusiawi.

“Apalagi kalau lahan yang mau ditertibkan itu milik negara, yang pada akhirnya demi kebaikan dan kemaslahatan kita semua," kata Fahmy, di Jakarta, Selasa (12/4).

Hanya saja, lanjutnya, dalam hal mengeksekusi harusnya memerhatikan berbagai hal yang boleh jadi akan menimbulkan prasangka, kekisruhan, atau bahkan menabrak nilai-nilai keadilan.

“Penggusuran rumah-rumah pemukiman penduduk yang sudah menghuninya selama puluhan tahun tentu perlu mendapat perlakuan yang bijak. Mereka kebanyakan adalah rakyat jelata yang memerlukan perlindungan dan pembelaan dari pemerintah. Janganlah diperlakukan dengan cara-cara yang kasar, menakut-nakuti mereka dengan menghadirkan aparat polisi, bahkan TNI yang siap 'menghajar' mereka yang melawan, mereka yang mencoba mempertahankan dan membela rumah yang telah mereka diami puluhan tahun lamanya,” ujarnya.

Ia mewanti-wanti jangan sampai ada kesan, pemerintah terkesan kasar dan kejam kepada rakyat jelata, dan memberikan segala kemudahan dan fasilitas kepada pihak lain yang lebih kuat dan mapan.

“Sebaiknya, menghadapi rakyat jelata, yang hidup susah dan sengsara, memerlukan cara dan pendekatan yang lebih menusiawi,” ungkapnya.

Keterangan Foto: Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahmy Alaydroes

author
No Response

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.